Kata Kata Menghibur Diri Sendiri: At Least I Do Something | Mas Wahyu Didik

Kata Kata Menghibur Diri Sendiri: At Least I Do Something

| June 19, 2017 | 0 Comments

Kata Kata Menghibur Diri Sendiri: Setidaknya Saya Melakukan Sesuatu

 

Mungkin banyak yang telah dilakukan tapi bagi orang lain terlihat sia-sia atau bahkan yang melakukannya jangan-jangan menganggap itu sia-sia atau bisa saja ketika kok belum berhasil, orang menganggap Anda tak berusaha, tak melakukan sesuatu, atau menganggap Anda sudah putus asa, bahkan ada yang mulai bertanya, “Kapan?” Atau “Mana?” Maksudnya kapan Anda meraihnya.

 

Mulai dari SD, SMP, SMA, belajar bermacam banyak mata pelajaran IPA, IPS dan bahasa, tetapi waktu kerja Anda jadi staff akunting yang tak perlu ilmu IPA, atau mungkin Anda lemah di Fisika dan Kimia sehingga Anda tergiring mempelajari ilmu sosial, belajar ekonomi, hukum, atau menjadi penterjemah bahasa. Apakah berarti kegagalan Anda dalam belajar Fisika dan Kimia itu sia-sia? Tidak, karena itulah proses perkenalan Anda akan potensi diri Anda dan bisa jadi hal-hal simpel dari ilmu alam tetap melangkapi hidup Anda, seperti logika dasar tentang listrik, pengetahuan tentang kalori yang berguna untuk menjaga berat badan, atau pengetahuan simpel lain, sifat-sifat air walau itu tak menjadi profesi tetapi tetap menjadi bekal untuk Anda. Jadi pernah belajar itu tak sia-sia, apa lagi itu membekali diri Anda tentang disiplin, komitmen dan sikap yang tepat dalam belajar.

 

Mungkin Anda masih jomblo. Beberapa kali mencoba pendekatan, walau ada penolakan, berhasil kencan dan dari sekian kencan yang tak berlanjut, ada juga yang akhirnya jalan bareng. Syukurlah jika sekarang akhirnya Anda menikah, nah gimana kalo masih jomblo? Apakah kencan Anda, pendekatan Anda, singkat kata semua usaha Anda sia-sia? Sia-siakah senuanya? Bukankah itu proses pembelajaran? Bukankah itu memberi Anda pengalaman? Bukankah dari setiap pengalaman bahkan yang dianggap gagal dan sia-sia ada hikmah atau sesuatu yang Anda petik? Tentu tak sia-sia karena ada hal baru yang bisa Anda pelajari, mulai tahu tempat kencan baru, semakin belajar menerima diri dan memahami orang lain, belajar berinteraksi dengan orang lain dan syukur jika Anda belajar introspeksi diri, belajar menempatkan diri, belajar mengelola hidup Anda. Usaha Anda tak sia-sia.

 

Sama halnya dalam bisnis. Mungkin Anda coba jualan A , jualan B, tak juga berhasil. Mencoba praktek belajar pemasaran cara A dan B tapi belum berbuah manis. Itu semua proses pembelajaran dari pengalaman. Tekadkan untuk selesaikan apa yang Anda mulai. Tak ada yang sia-sia. Gagal dari satu jalan, jika itu buntu maka artinya diarahkan ke jalan lain. Gagal di aspek tertentu artinya aspek tertentu tak berjalan, bisa diperbaiki atau ganti lain. Kegagalan bukan hal sia-sia karena itu bagian dari jalan menuju keberhasilan.

 

Jika Anda mutung, berhenti berharap, putus asa, Anda akan menyesal di hari depan. Akan ada penyesalan seperti, “mengapa aku dulu tak mencoba? Mengapa ya aku dulu kok berhenti? Mengapa ya kok aku dulu berhenti belajar itu?”

 

Walau itu mungkin terlihat sulit atau terlihat buntu atau terlihat sangat jauh, jika itu baik dan Anda ingin dan terpanggil melakukannya maka “Lakukan.” Ingat kadang orang lain jauh lebih cepat putus asa melihat proses perkembangan Anda dibanding diri Anda sendiri. Jangan ikutan mutung karena mutung itu buntung. Mutung itu matinya untung.

He he saya juga sedang dalam proses, banyak yang belum saya capai, semoga kita sama-sama bisa tetap semangat dalam berproses menjadi lebih baik dan bisa mengatakan, “Saya sedang menjalani jalanku” atau “Setidaknya saya melakukan sesuatu.”

Hi, Saya Mas Wahyu Didik, anggota Komunitas Netprenur SB1M, dimana saya berkumpul dan belajar internet marketing, pemasaran online dan mengikuti pelatihan wirausaha Bisnis Online baik dengan berkumpul dalam kelas gathering maupun berkomunikasi dalam group online.

Gabung yuk di SB1M

SB1M 450 x 450 untuk dibawah artikel

Tags: ,

Category: artikel, hidupku

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*