Antisipasi Resiko Usaha: Uji Imajinasi | Mas Wahyu Didik

Antisipasi Resiko Usaha: Uji Imajinasi

| November 19, 2017 | 1 Comment

Antisipasi Resiko Wirasaha: Latih Imajinasi

Melatih imajinasi menghadapi skenario terburuk merupakan latihan dalam seni perang. Lalu, bagaimana penerapannya dalam kewirausahaan? Anda perlu membangun sesuatu untuk antisipasi atau pun backup pada setiap bagian bisnis Anda. Tanyakan pada diri Anda, apa yang harus Anda lakukan jika personel kinci Anda tidak bersama anda lagi? Apa yang harus Anda lakukan jika klien utama atau customer terbesar Anda memutuskan hubungan dengan Anda? Apa yang harus Anda lakukan jika media utama yang Anda gunakan sebagai sarana pemasaran tutup? Jika Anda karyawan, apa yang harus Anda lakukan jika Anda dipecat atau terpaksa keluar dari kerjaan? Apa yang harus Anda lakukan jika kontraktor atau suplier utama Anda putus hubungan dengan bisnis Anda. Apa yang Anda lakukan jika market place atau social media tempat Anda jualan online tutup? Apa yang Anda lakukan jika website Anda down?

 

Anda pasti bisa menangkap ide yang dimaksud. Intinya, jangan sampai kecolongan dan jangan terlena berpuas diri. Intinya, berjaga-jagalah akan hal terburuk yang mungkin terjadi. Jangan sampai tak siap akan perubahan. Berjaga-jagalah menyambut perubahan. Berjaga-jagalah akan kekacauan.

Pikirkan untuk siap hadapi skenario terburuk. Tak hanya Plan A, Anda juga perlu siapkan Plan B, Plan C dan rencana alternatif lain. Pikirkan bagaimana Anda menghadapi skenario yang lebih buruk.

 

Apakah ini pesimis atau negative thinking? Hmm ini terserah pada penilaian masing-masing. Tetapi dalam kenyataan hidup resiko sesuatu terjadi di luar rencana mungkin pernah Anda alami. Dalam menjalankan bisnis peluang usaha rumahan pun Anda harus memiliki rencana antisiasi untuk jaga-jaga.

Hi, Saya Mas Wahyu Didik, anggota Komunitas Netprenur SB1M, dimana saya berkumpul dan belajar internet marketing, pemasaran online dan mengikuti pelatihan wirausaha Bisnis Online baik dengan berkumpul dalam kelas gathering maupun berkomunikasi dalam group online.

Gabung yuk di SB1M

SB1M 450 x 450 untuk dibawah artikel

Tags: , , , , , ,

Category: artikel, Belajar Pemasaran Online, hidupku

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*