Memaksimalkan HP Untuk Membantu Bisnis di Sekitar Anda | Mas Wahyu Didik

Memaksimalkan HP Untuk Membantu Bisnis di Sekitar Anda

| August 18, 2020 | 0 Comments

Memaksimalkan HP Untuk Membantu Bisnis di Sekitar Anda

Anda bisa membantu usaha di lingkungan Anda. Ya, dengan memaksimalkan HP untuk membantu bisnis di sekitar Anda. Anda, saudara Anda, teman-teman Anda punya usaha kecil menengah? Anda bisa membantu mereka dengan langkah sederhana. Cukup dengan HP yang terinstall Google Maps di dalamnya. Yah, itung-itung berbagi dengan cara mudah dan sederhana. Dalam hal ini Anda memainkan peran Anda sebagai Google Local Guide.

Google Local Guide Indonesia Mas Wahyu Didik
Google Local Guide Indonesia


Berikut cara sederhana membantu usaha di lingkungan Anda dengan mudah:


1. Pastikan HP Anda ada Google Mapsnya kalau belum. Install dari PlayStore.


2. Cari tempat usaha di sekitar Anda, atau bisa tempat usaha teman, saudara, terangga, misalnya warung, kios, tempat pemancingan, tempat nongkrong, kos-kosan, kafe, peternakan, tambal ban, tempat cuci mobil, bengkel, dll.


3. Tawarkan ke mereka bahwa Anda akan memasukkan tempat usaha mereka ke Google Map agar orang-orang bisa menemukan mereka.


4. Bila berada dilokasi, cek Google Map apakah sudah ada, jika belum, masuk ke Google Map, Klik “Contribute” lalu klik “add place” lalu beri Nama Tempat usaha, pilih kategori yang tepat lalu, pilih lokasi map yang tepat.


5. Beri review tempat tersebut, beri keterangan jam buka tutupnya.


6. Tambahkan foto-foto dan review yang membantu seperti foto tampak depan, foto dalam ruangan dan foto produk. 


7.  Beri keterangan tentang “about place”
Jika itu tempat baru mungin butuh waktu agar muncul di Google Maps. Jika sudah muncul ajak si pemiliki untuk sharing lokasi tempat usahanya di social media.


Selamat mencoba!


Mungkin membantu sebagai Google Local Guide, Anda tak dibayar. Tetapi untuk Local Guide level bintang tertentu, Google kadang memberikan tunjangan atau perk, bisa berbentuk voucher atau bentuk lain seperti kuota, atau pun saldo point  aplikasi tertentu.

Ditulis oleh Mas Wahyu Didik, blogger , internet marketer, aktif di komunitas pelatihan wirausaha bisnis online dan digital marketing di Jakarta.

Hi, Saya Mas Wahyu Didik, anggota Komunitas Netprenur SB1M, dimana saya berkumpul dan belajar internet marketing, pemasaran online dan mengikuti pelatihan wirausaha Bisnis Online baik dengan berkumpul dalam kelas gathering maupun berkomunikasi dalam group online. ANDA PUN BISA BELAJAR DAN BERBISNIS DARI RUMAH SAJA

Gabung yuk di SB1M

Tags: , , ,

Category: artikel, Belajar Pemasaran Online, Bisnis

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*