Cara Berbicara yang Baik di Depan Umum: Mengingat Bahan Presentasi ? | Mas Wahyu Didik

Cara Berbicara yang Baik di Depan Umum: Mengingat Bahan Presentasi ?

| June 21, 2019 | 0 Comments

Cara Berbicara yang Baik di Depan Umum: Apa Mengingat Bahan Presentasi?

Artikel berikut mengutip tips Seth Godin dalam cara menjadi pembicara yang baik di depan umum.


Dalam beberapa kasus, orang lupa apa yang akan ia bicarakan padahal ia sudah menghafal kata-kata untuk tampil di depan umum atau di panggung. Yang mereka telah “menghafalkan kata kata” untuk jadi pembicara. Ironisnya menurut Seth Godin, cara menghafal kata kata ini justru cenderung gagal. 


Bukan karena banyak yang ia hafal tetapi karena yang ia hafalkan tak cukup.


Jika Anda meninton penampilan-oenampilan terbaik dari para pembicara, Anda akan melihat tak terkesan dibuat-buat, bukan hafalan. Anda melihat hal alami muncul dari hati.

Lukisan Sketsa Affandi


Artinya perlu mengetahui atau menyelami sesuatu dari hati. Menghafal kata kata hanya sebagian dari itu. Hafal saja tak cukup.

Seth Godin, seorang pengusaha, penulis, dan pembicara publik asal Amerika Serikat, memberi saran: “Jangan hafalkan kata kata atau kalimat yang Anda bicarakan. Hafalkan cerita atau kisah Anda. Sepuluh kisah atau cerita menciptakan pembicaraan. Tulis kartu contekan judul cerita atau kisah Anda. Lalu, ceritakan sepuluh cerita tersebut ke kami. Jadilah diri Anda. Kami hadir bukan untuk mendengar kata kata Anda. Jika hanya untuk kata kata, kami sebenarnya cukup baca memo atau catatan dan ini hemat waktu.” 


Bawalah hati Anda dalam presentasi.

Hi, Saya Mas Wahyu Didik, anggota Komunitas Netprenur SB1M, dimana saya berkumpul dan belajar internet marketing, pemasaran online dan mengikuti pelatihan wirausaha Bisnis Online baik dengan berkumpul dalam kelas gathering maupun berkomunikasi dalam group online.

Gabung yuk di SB1M

SB1M 450 x 450 untuk dibawah artikel

Tags: , , , ,

Category: artikel

About the Author ()

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*